Donasi Tanah Wakaf

Donasi Tanah Wakaf

Cari Blog Ini

Pages - Menu

Pengunjung Blog

free counters

Sabtu, 21 April 2012

Hadits Shohih Tidak Harus Sesuai Dengan Akal

Posted by Unknown On April 21, 2012 No comments
Soal : Bagaimana kita membantah bid'ahnya ucapan orang yang mengatakan :(Apabila hadits itu sesuai dengan akal maka dia hadits shohih, jikalau tidak sesuai dengan akal maka hadits tersebut tidak shohih)??

Jawab : Kita bantah dia(dengan mengatakan), bahwa ini adalah ukuran yang bathil(dalam menilai keshohihan suatu hadits),kalau seandainya kita jadikan akal sebagai
hakim/neraca dalam menilai keshohihan sebuah hadits maka kita termasuk orang yang mengikuti hawa nafsu, dengan akal yang mana kita akan menilai hadits-hadits?kadang seorang menilai bahwa hadits itu menyelisihi akal dan yang lain menilai bahwa hadits itu sesuai akal, dan akal/pandangan orang berbeda-beda tidak sama.
akal yang sehat yang selamat dari syubhat dan syahwat adalah akal yang menerima setiap yang shohih datangnya dari rasulullah, baik dia mengetahui hikmahnya atau tidak.
dan orang yang mengucapkan ucapan yang tadi maka dia telah menyembah allah dengan hawa nafsunya bukan dengan pentunjuk allah.

Majmu' Durus Fatawa Al Haramil Makki Jild 1/389 Syaikh Ibnu Utsaimin(di terjemahkan dari Fatawa Al Bida' Wa syahawat disusun oleh Kholidal Juraisi)

0 komentar:

Posting Komentar

Site search