Donasi Tanah Wakaf

Donasi Tanah Wakaf

Cari Blog Ini

Pages - Menu

Pengunjung Blog

free counters

Sabtu, 14 April 2018


Fiqih Ramadhan Bag.2
Hukum Berpuasa Pada Bulan Ramadhan
Berpuasa pada bulan ramadhan hukumnya wajib bagi tiap-tiap muslim yang balig, berakal, sehat dan mukim (tidak dalam keadaan bepergian), dan ia salah satu rukun islam yang lima.
Puasa ramadhan diwajibkan pada tahun 2 hijriyah, awal mula diwajibkannya, seseorang dibolehkan memilih antara berpuasa dan memberi makan fakir miskin. Dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berpuasa selama 9 ramadhan menurut ijma’ ‘Ulama.


Dalil-dalil wajibnya berpuasa bersumber dari Al-qur’an, Sunnah dan Ijma’ ‘Ulama :
·        Dalil dari Al-Qur’an
Firman Allah Subhanahu Wata’ala,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah : 183)
·        Dalil-dalil dari sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
Dari Ibnu ‘Umar radhiallahu ‘anhuma, ia berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, bersabda :
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ
“Islam dibangun di atas lima : persaksian bahwa tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa pada bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Dari Thalhah bin ‘Abdullah radhiallahu ‘anhu, ia berkata :
أن أعرابيا جاء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم ثائر الرأس – وفيه – فقال: أخبرني بما فرض الله عليّ من الصيام، فقال: رمضان إلا أن تطوع شيئا.
“Seorang arab pedalaman datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dalam keadaan rambutnya yang kusut, laki-laki itu berkata : ‘Beritahulah aku apa yang diwajibkan atasku dari puasa.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, menjawab, Puasa Ramadhan, kecuali kalau engkau mau puasa sunnah.” (HR. Bukhari dan Muslim)
·        Dalil ijma’ ‘Ulama
Para ‘Ulama telah sepakat bahwa puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib diketahui, orang yang mengingkarinya telah dinyatakan kafir oleh para ‘Ulama.
Perintah wajibnya puasa melalui tiga tahapan :
1.   Puasa ‘Asyura, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, memerintahkan untuk berpuasa pada hari ‘asyura’, sebelum adanya kewajiban berpuasa pada bulan ramadhan.
2.   Kewajiban berpuasa pada bulan ramadhan, akan tetapi diperbolehkan memilih antara berpuasa dan fidyah (memberi makan fakir miskin).
3.   Kewajiban puasa ramadhan, dan tidak ada pilihan memberi makan fakir miskin.

Hikmah diturunkannya perintah puasa secara bertahap :
Supaya mudah diterima, karena dalam berpuasa terdapat kesusahan, seorang yang berpuasa akan meninggalkan  dan minum dari sejak terbitnya fajar shadiq sampai terbenamnya matahari.

Referensi :
1.     Shahih Fiqhussunnah, Syaikh Abu Malik Kamal Salim
2.     Tadhihul Ahkam, Syaikh ‘Abdullah Al-Bassam
3.     Talkhish Kitab Shiyam Min Syarh Mumti’, Syaikh Shulthan Asy-Syamri
4.     Al-Yaqut Wal Marjan Fi Ahkam Syahri Ramadhan, Syaikh Luthfi Shalih Al-Katsiri
5.     Fiqhussunnah, Sayid Saabiq -Rahimahullah-.


Selesai ditulis ba’da isya’, malam ahad 29 Rajab 1439 H / 14 April 2018, Ponpes Al-Mahmud Aik Ampat, Lombok Barat
Bahrul Ulum Ahmad Makki
(Pimpinan Ponpes Al-Mahmud Putri & Pengasuh al-hakam.com0

0 komentar:

Posting Komentar

Site search