Pertanyaan (dari Uu Dasuki)
Assalaamualaikum ustad…
Maaf saya mau tanya bolehkah anak yang belum disunat/dikhitan masuk
masjid dan ikut solat dengan orang tuanya? Terimakasih atas jawabannya
Jawaban:
Waalaikum salam warohmatulloh…
Kedua: Berikut hadits-hadits yang menunjukkan hukum di atas:
عن أبي قَتَادَةَ رضي
الله عنه: بَيْنَا نَحْنُ فِي الْمَسْجِدِ جُلُوسٌ خَرَجَ عَلَيْنَا
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَحْمِلُ أُمَامَةَ
بِنْتَ أَبِي الْعَاصِ بْنِ الرَّبِيعِ وَأُمُّهَا زَيْنَبُ بِنْتُ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهِيَ صَبِيَّةٌ يَحْمِلُهَا
عَلَى عَاتِقِهِ فَصَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَهِيَ عَلَى عَاتِقِهِ يَضَعُهَا إِذَا رَكَعَ وَيُعِيدُهَا
إِذَا قَامَ حَتَّى قَضَى صَلَاتَهُ يَفْعَلُ ذَلِكَ بِهَا [ أبو داود 783 و
النسائي 704 و صححه الألباني ]
Abu Qotadah r.a. mengatakan: Ketika kami sedang duduk-duduk di
masjid, Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- muncul ke arah kami sambil menggendong Umamah binti Abil Ash, -ibunya adalah Zainab binti Rosululloh shollallohu alaihi wasallam-, ketika itu Umamah masih kecil (belum disapih)-,
beliau menggendongnya di atas pundak, kemudian Rosululloh -shollallohu
alaihi wasallam- mengerjakan sholat, sedang Umamah masih di atas pundak
beliau, apabila ruku’ beliau meletakkan Umamah, dan apabila berdiri
beliau menggendongnya kembali, beliau melakukan yang demikian itu hingga
selesai sholatnya.
عَن أَنَسٍ رضي الله عنه
قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَسْمَعُ بُكَاءَ
الصَّبِيِّ مَعَ أُمِّهِ وَهُوَ فِي الصَّلَاةِ فَيَقْرَأُ بِالسُّورَةِ
الْخَفِيفَةِ أَوْ بِالسُّورَةِ الْقَصِيرَةِ [ مسلم 722]
Anas r.a. mengatakan: Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- pernah mendengar tangisan seorang anak kecil bersama ibunya, sedang beliau dalam keadaan sholat, karena itu beliau membaca surat yang ringan, atau surat yang pendek.
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ
رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِنِّي
لَأَدْخُلُ الصَّلَاةَ أُرِيدُ إِطَالَتَهَا فَأَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيِّ
فَأُخَفِّفُ مِنْ شِدَّةِ وَجْدِ أُمِّهِ بِهِ [ البخاري 666 و مسلم 723 ]
قال الشوكاني في نيل الأوطار ( 5/ 48 ) : ” فيه جوازُ إدخال الصبيانِ
المساجدَ” .
Anas bin Malik r.a. mengatakan: Rosululloh -shollallohu alaihi
wasallam- bersabda: “Sungguh aku pernah memulai sholat yang ingin ku
panjangkan, lalu karena kudengar tangisan seorang anak kecil, maka kuringankan (sholat tersebut), karena (aku sadar) kegusaran ibunya terhadapnya”.
عَنْ بريدة رضي الله عنه
قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يَخْطُبُ فَجَاءَ الْحَسَنُ
وَالْحُسَيْنُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا وَعَلَيْهِمَا قَمِيصَانِ
أَحْمَرَانِ يَعْثُرَانِ فِيهِمَا فَنَزَلَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم
فَقَطَعَ كَلَامَهُ فَحَمَلَهُمَا ثُمَّ عَادَ إِلَى الْمِنْبَرِ ثُمَّ
قَالَ صَدَقَ اللَّهُ ” ( إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ
فِتْنَةٌ) رَأَيْتُ هَذَيْنِ يَعْثُرَانِ فِي قَمِيصَيْهِمَا فَلَمْ
أَصْبِرْ حَتَّى قَطَعْتُ كَلَامِي فَحَمَلْتُهُمَا” [النسائي 1396وابن
ماجه 3590 وصححه الألباني].
Buroidah mengatakan: Suatu saat Nabi -shollallohu alaihi wasallam- berkhutbah, lalu datanglah Hasan dan Husain r.a. yg memakai baju merah, keduanya berjalan tertatih-tatih dg baju tersebut, maka beliau pun turun (dari mimbarnya) dan memotong khutbahnya, lalu beliau menggendong keduanya dan kembali ke mimbar,
lalu mengatakan: “Maha benar Alloh dalam firman-Nya: ‘Sungguh
harta-harta dan anak-anak kalian itu adalah fitnah (cobaan)’, aku
melihat kedua anak ini tertatih-tatih dengan bajunya, maka aku tidak
sabar, hingga aku memotong khutbahku, lalu aku menggendong keduanya”.
عن أَبِي بَكْرَةَ رضي
الله عنه: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يُصَلِّي،
فَإِذَا سَجَدَ وَثَبَ الْحَسَنُ عَلَى ظَهْرِهِ وَعَلَى عُنُقِهِ،
فَيَرْفَعُ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم رَفْعًا رَفِيقًا لِئَلَّا
يُصْرَعَ، قَالَ: فَعَلَ ذَلِكَ غَيْرَ مَرَّةٍ، فَلَمَّا قَضَى صَلَاتَهُ
قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ رَأَيْنَاكَ صَنَعْتَ بالْحَسَنِ شَيْئًا مَا
رَأَيْنَاكَ صَنَعْتَهُ قَالَ: ” إِنَّهُ رَيْحَانَتِي مِنْ الدُّنْيَا
وَإِنَّ ابْنِي هَذَا سَيِّدٌ وَعَسَى اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى أَنْ
يُصْلِحَ بِهِ بَيْنَ فِئَتَيْنِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ ” [ أحمد 19611
بإسناد جيد ] .
Abu Bakroh r.a. mengatakan: Sungguh Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- suatu ketika pernah sholat, jika beliau sujud, Hasan melompat ke atas punggung dan leher beliau,
maka beliau pun mengangkatnya dengan lembut agar dia tidak tersungkur
(jatuh)… Beliau melakukan hal itu tidak hanya sekali… Maka seusai beliau
mengerjakan sholatnya, para sahabatnya bertanya: “Wahai Rosululloh,
kami tidak pernah melihat engkau memperlakukan Hasan sebagaimana engkau
memperlakukannya (hari ini)”… Beliau menjawab: “Dia adalah permata
hatiku dari dunia, dan sungguh anakku ini adalah sayyid (seorang
pemimpin), semoga dengannya Alloh tabaroka wa ta’ala mendamaikan dua
kelompok kaum muslimin (yg bertikai)”.
عَنْ شداد رضي الله عنه
قَالَ: خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فِي إِحْدَى
صَلَاتَيْ الْعِشَاءِ وَهُوَ حَامِلٌ حَسَنًا أَوْ حُسَيْنًا، فَتَقَدَّمَ
رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَوَضَعَهُ، ثُمَّ كَبَّرَ
لِلصَّلَاةِ، فَصَلَّى فَسَجَدَ بَيْنَ ظَهْرَانَيْ صَلَاتِهِ سَجْدَةً
أَطَالَهَا، قَالَ أَبِي فَرَفَعْتُ رَأْسِي وَإِذَا الصَّبِيُّ عَلَى
ظَهْرِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ سَاجِدٌ فَرَجَعْتُ
إِلَى سُجُودِي فَلَمَّا قَضَى رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم
الصَّلَاةَ قَالَ النَّاسُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ سَجَدْتَ بَيْنَ
ظَهْرَانَيْ صَلَاتِكَ سَجْدَةً أَطَلْتَهَا حَتَّى ظَنَنَّا أَنَّهُ قَدْ
حَدَثَ أَمْرٌ أَوْ أَنَّهُ يُوحَى إِلَيْكَ قَالَ : ” كُلُّ ذَلِكَ لَمْ
يَكُنْ وَلَكِنَّ ابْنِي ارْتَحَلَنِي فَكَرِهْتُ أَنْ أُعَجِّلَهُ حَتَّى
يَقْضِيَ حَاجَتَهُ” [النسائي 1129 والحاكم 4759 وصححه ووافقه الذهبي]
Syaddad r.a. mengatakan: Suatu ketika Rosululloh -shollallohu alaihi
wasallam pernah datang kepada kami dalam salah satu sholat fardhu
malamnya (maghrib atau isya’), sambil menggendong Hasan atau Husein, lalu Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam-
maju ke depan (untuk mengimami), beliau pun menurunkannya (Hasan atau
Husein), lalu bertakbir untuk memulai sholatnya, di tengah-tengah
sholatnya beliau sujud dengan sujud yang panjang.
Syaddad mengatakan: maka aku pun mengangkat kepalaku, dan ternyata ada anak kecil (Hasan atau Husein) di atas punggung Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- yang sedang sujud, lalu aku kembali sujud.
Setelah Rosululloh menyelesaikan sholatnya, para sahabatnya bertanya:
Wahai Rosululloh, sungguh engkau telah bersujud dg sujud yg panjang di
tengah-tengah sholatmu, sehingga kami mengira terjadi sesuatu, atau ada
wahyu yg turun kepadamu?
Beliau menjawab: Bukan karena itu semua, akan tetapi cucuku (Hasan
atau Husein) menunggangiku, dan aku tidak ingin segera menyudahinya
sampai ia puas dg keinginannya.
عن عائِشَةَ رَضيَ الله
عَنْهَا قَالَتْ : أَعْتَمَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم لَيْلَةً
بِالْعِشَاءِ وَذَلِكَ قَبْلَ أَنْ يَفْشُوَ الْإِسْلَامُ فَلَمْ يَخْرُجْ
حَتَّى قَالَ عُمَرُ نَامَ النِّسَاءُ وَالصِّبْيَانُ فَخَرَجَ فَقَالَ
لِأَهْلِ الْمَسْجِدِ ” مَا يَنْتَظِرُهَا أَحَدٌ مِنْ أَهْلِ الْأَرْضِ
غَيْرَكُمْ ” [ البخاري 533 ومسلم 1008 ]. قال الحافظ في الفتح ( 2/345 ) :
قوله ” نام النساء والصبيان ” أي : الحاضرون في المسجد . وقال النووي : أي
من ينتظر الصلاة منهم في المسجد .
A’isyah r.a. mengatakan: Pada suatu malam, Rosululloh -shollallohu
alaihi wasallam- pernah mengakhirkan sholat isya’, -itu terjadi ketika
Islam belum tersebar luas-. Beliau tidak juga keluar hingga Umar
berkata: “Para wanita dan anak-anak (yg menunggu di masjid) sudah tertidur“.
Dan akhirnya beliau keluar dan mengatakan kepada mereka yang berada di
masjid: “Tidak ada seorang pun dari penduduk bumi yg menunggu sholat ini
selain kalian”.
Ketiga: Berikut komentar syaikh Albani tentang masalah ini:
وفي هذه الأحاديث جواز
إدخال الصبيان المساجد ولو كانوا صغارا يتعثرون في سيرهم حتى ولو كان من
المحتمل الصياح لأن النبي صلى الله عليه وسلم أقرّ ذلك ولم ينكره بل شرع
للأئمة تخفيف القراءة لصياح صبي خشية أن يشق على أهله .
ولعل من الحكمة في ذلك
تعويدهم على الطاعة وحضور الجماعة منذ نعومة أظفارهم فإن لتلك المشاهد التي
يرونها في المساجد وما يسمعونه – من الذكر وقراءة القرآن والتكبير
والتحميد والتسبيح – أثرا قويا في نفوسهم – من حيث لا يشعرون – لا يزول أو
من الصعب أن يزول حين بلوغهم الرشد ودخولهم معترك الحياة وزخارفها…
ولعل علم النفس الحديث
يؤيد تأثر الطفل الصغير ولو في المهد بما يسمع ويرى … وأما كبار الأطفال
فتأثرهم بذلك واضح مُسلّم… غير أنه إذا وجد فيهم من يلعب في المساجد ويركض
فعلى آبائهم وأولياء أمرهم تأديبهم وتربيتهم أو على القيم والخادم أن
يطردهم وعلى هذا عمل ما ذكره الحافظ ابن كثير : “وقد كان عمر بن الخطاب رضي
الله عنه إذا رأى صبيانا يلعبون في المسجد ضربهم بالمخففة – وهي الدرة –
وكان يفتش المسجد بعد العشاء فلا يترك فيها أحدا” إهـ (الثمر المستطاب
1/761)
Dalam hadits-hadits ini terdapat dalil bolehnya memasukkan anak ke
masjid-masjid, walaupun mereka masih kecil dan masih tertatih saat
berjalan, walaupun ada kemungkinan mereka akan menangis keras, karena
Nabi -shollallohu alaihi wasallam- menyetujui hal itu, dan tidak
mengingkarinya, bahkan beliau menyariatkan untuk para imam agar
meringankan bacaan suratnya bila ada jeritan bayi, karena dikhawatirkan
akan memberatkan ibunya.
Mungkin saja hikmah dari hal ini adalah untuk membiasakan mereka
dalam ketaatan dan menghadiri sholat jamaah, mulai sejak kecil, karena
sesungguhnya pemandangan-pemandangan yang mereka lihat dan dengar saat
di masjid -seperti: dzikir, bacaan qur’an, takbir, tahmid, dan tasbih-
itu memiliki pengaruh yang kuat dalam jiwa mereka, tanpa mereka sadari…
Pengaruh tersebut, tidak akan -atau sangat sulit- hilang saat mereka
dewasa dan memasuki perjuangan hidup dan gemerlap dunia.
Dan sepertinya Ilmu psikologi modern, menguatkan kenyataan bahwa anak
kecil itu bisa dipengaruhi oleh apa yang didengar dan dilihatnya…
Adapun anak yg sudah besar, maka terpengaruhnya mereka dengan hal-hal
tersebut sangatlah jelas dan tak terbantahkan.
Hanya saja bila ada diantara mereka yg bermain dan berlari-lari di
masjid, maka wajib bagi bapaknya atau walinya untuk mengambil tindakan
(menghukumnya) dan mendidiknya… Atau wajib bagi petugas dan pelayan
masjid untuk mengusir mereka… Seperti inilah praktek kisah yang
disebutkan oleh Alhafizh Ibnu Katsir: “Dahulu Umar bin Khottob r.a. bila
melihat anak-anak bermain di masjid, memukuli mereka dengan pecut, dan
setelah Isya’ beliau memeriksa masjid, sehingga tidak menyisakan satu
orang pun. (Tsamarul Mustathob 1/761)
Keempat: Berikut bantahan Imam Nawawi kepada mereka
yang melarang membawa anak ke masjid dg alasan adanya kemungkinan najis
pada badan anak kecil.
اِدَّعَى بَعْض
الْمَالِكِيَّة أَنَّ هَذَا الْحَدِيث مَنْسُوخ، وَبَعْضهمْ أَنَّهُ مِنْ
الْخَصَائِص، وَبَعْضهمْ أَنَّهُ كَانَ لِضَرُورَةٍ، وَكُلّ ذَلِكَ
دَعَاوِي بَاطِلَة مَرْدُودَة لا دَلِيل لَهَا، وَلَيْسَ فِي الْحَدِيث مَا
يُخَالِف قَوَاعِد الشَّرْع، لأَنَّ الآدَمِيّ طَاهِر، وَمَا فِي جَوْفه
مَعْفُوّ عَنْهُ، وَثِيَاب الْأَطْفَال وَأَجْسَادهمْ مَحْمُولَة عَلَى
الطَّهَارَة حَتَّى يَتَيَقَّن النَّجَاسَة، وَالأَعْمَال فِي الصَّلاة لا
تُبْطِلهَا إِذَا قَلَّتْ أَوْ تَفَرَّقَتْ، وَدَلائِل الشَّرْع
مُتَظَاهِرَة عَلَى ذَلِكَ، وَإِنَّمَا فَعَلَ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه
تَعَالَى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَلِكَ لِبَيَانِ الْجَوَاز .
Sebagian pengikut Madzhab Maliki beranggapan bahwa hadits ini mansukh, sebagian lagi beranggapan hadits ini termasuk salah satu kekhususan Nabi -shollallohu alaihi wasallam-,
dan sebagian lagi beranggapan bahwa itu merupakan keadaan darurat…
Semua anggapan itu adalah anggapan yang batil, tertolak, dan tidak
berdasar… Dalam hadits tersebut tidak ada sesuatu yang menyelisihi
kaidah syariat, karena tubuh anak adam itu suci, adapun yang ada di
dalam jasadnya, maka najisnya tidaklah dianggap. Sedangkan pakaian dan
badan anak kecil itu dianggap suci hingga benar-benar diyakini ada
najisnya… dan gerakan di dalam sholat, tidak membatalkannya apabila
masih tergolong sedikit atau terpisah-pisah… dan dalil-dalil syariat
dalam masalah ini sangatlah banyak… Nabi -shollallohu alaihi wasallam-
melakukan hal tersebut itu untuk menerangkan (kepada umatnya) bolehnya
(melakukan hal tersebut).
Kelima: Perlu juga diperhatikan keadaan si anak,
Hendaklah seorang yang membawa anak masuk ke masjid, memberikan
pengertian kepada anaknya agar dia menghormati rumah-rumah Alloh, dengan
begitu insyaAlloh anak akan tenang dan tidak mengganggu para jama’ah
yang lain… Bila si anak tetap tidak bisa tenang, dan membuat para jamaah
yang lain terganggu, maka lebih baik tidak diajak ke masjid… Karena
maslahat untuk orang banyak harus didahulukan ketimbang maslahat
pribadi… wallohu a’lam.
Sekian jawaban dari saya, mudah-mudahan jelas dan bermanfaat… walhamdulillahi robbil alamiin…
(Madinah, 19 Dzulhijjah 1432 H / 15 November 2011 M)
Sumber : http://addariny.wordpress.com
0 komentar:
Posting Komentar